영어완전정복!! Please Teach Me English!!


1184689241722

Nope…meskipun itu judul sebuah film yang populer tahun 2003, bukan mo ngomongin film tapi tentang bahasa Inggris…

Alkisah, gue udah seneng sama yang namanya bahasa Inggris sejak kecil. Itu semua gara-gara papa yang seneng banget nonton film drama/koboi kayak Django, jagoan yang sering gusur-gusur peti mati yang taunya isinya pistol semua, kemudian Doctor Zhivago yang diperanin sama Omar Sharif, Ada Gone with the Wind, sampe opera sabun 80’an yang gue sempet liat jaman gue TK apa baru masuk SD tahun 90’an?

Dari situlah gue selalu mulung kosakata-kosakata baru dari film/drama yang menurut gue perlu diinget. Tapi sayangnya😉 yang keluar dari mulut anak SD kayak gue itu bahasa yang sangat-sangat salah…huahahaha…tau lah maksudnya. Pernah bilang F.U.C.K You  ke koko gue :p untungnya dia ngerti dan mau jelasin kalau kata itu gak sopan dan masuknya ke kata umpatan dan bilang ke gue jangan sekali-kali ngomong kayak gitu lagi baik ke dia ato orang lain. Sekarang sih, bodo amat…hihihi

Waktu SMA temen gue juga ada yang salah kaprah, si X ketemuan sama si Y. Dari depan Yogya Dept. dia lari-lari saking senengnya udah ditungguin mo maen bareng. Pas ketemu dia nyapa pake suara kenceng, “Hey Bitch! M’kasih dah nunggu.” OMG, temen gue si Y besoknya langsung ngakak cerita ke gue di kelas tentang sapaan laknat itu, untungnya masyarakat sini gak ngerti bahasa Inggris, kalo iya…temen gue si Y bakalan malu abis diliatin sepanjang jalan. Dan gue yakin si X dibogem sepanjang jalan sama si Y.

Waktu SD meskipun sekolah gue milik kepastoran, tetep aja gak diajarin bahasa Inggris padahal setiap hari ngarep ada pelajarannya dari kelas 1 s/d kelas 5, kalo gak salah kelas 6 cuman pengayaan doang😦 untuk persiapan masuk SMP.

Dan akhirnya, hidup gue terasa sempurna waktu masuk kelas 1 SMP. Ada satu guru senior pengajar bahasa Inggris bapak Cholil namanya, guru pertama gue yang muji kalau gue muridnya yang pertama yang bisa langsung perkenalan pake bahasa Inggris di kelas…Well, karena jarang banget anak kampung bisa Inggris. Tapi sayangnya, beliau gak lama ngajar karena tiba-tiba terserang stroke. Gue cuman komunikasi sama beliau lewat telpon soalnya gue kenal sama Bayu anaknya yang senior gue 2 tahun.

Tiap gue nelpon ke Bayu, yang angkat telpon seringnya beliau. Masih inget kata-kata sapaannya, “Hello! Do you need umbrella? It’s rainning out side.”

Gue cuman jawab, “No sir, I don’t need umbrella.” Mungkin itu kode yang gak gue ngeh awalnya. Tanpa banyak tanya telpon beralih ke tangan si Bayu. Hahaha, entah bagaimana kabarnya beliau…Dari beliaulah gue tahu kekurangan dan kelebihan yang gue pelajarin secara otodidak. Dan sumpah omongan beliau tentang bego dan tololnya gue di tenses mengulang sukses, guru penggantinya pun si Pak Heri menyanjung kebegoan gue dimasalah tenses dan grammer…I really hate that subject!! I think I wanna die kalau ada pelajaran soal itu sama ulangan mendadak. Tapi kalau soal conversations atau cuman nulis ngasal…gue selalu ngalahin musuh besar gue yang pentolan SD negeri yang terkenal pinter. Wkwkwkw…

Malah sebutan gue sama temen-temen sekelas dulu baik SMP n SMA si ‘kamus berjalan’, soalnya kalau disuruh ngerjain tugas mengarang ato bikin kalimat, yang males buka kamus padahal bawa dari rumah pada nanya ke gue semua. Katanya gue lebih effisien :p alasan yang menyebalkan kawan!

Tau Aries Budiman drummer garasi band? Waktu kelas 3 SMA sekelas ma gue, dia, si Cheychey, Zaza, Susan, Rizky paling sering nanya sama pang mikirin bikin kalimat bahasa Inggris sama gue. Tau tuh anak masih kenal gak ma gue secara dah ngartis dia! Heuheu…waktu gue SMP…anjrit tetanggaan ma gue di Cibadak…mamanya baek bener, ramah lagi..

Back to topik…banyak yang minta gue ngajarin mereka untuk berbahasa Inggris, mulai dari conversation sama tulis menulis. Tapi gue selalu gak sanggup, masalahnya meskipun seneng, takutnya pada salah kaprah bahasanya…karena conversation Inggris yang gue pake adalah American-English yang asal getok yang penting You and I ngerti! Hahaha…

Makanya gue nekat aja nulis cerita pake bahasa Inggris, soalnya practice makes perfect! lol…

Begitu pula dengan obsesi gue sekarang untuk menguasai bahasa Korea. Gue pengen banget nyalahin Song Hye Gyo! Gara-gara dia gue jadi suka yang berbau-bau Korea gitu? So, sejak saat itu juga gue mutusin HARUS BISA BAHASA KOREA tapi dimane belajarnye neng?! Di sini cuman tersedia bahasa Mandarin ma Jepang doang. Dan terpaksa gue bergerilya secara otodidak lagi, belajar lewat film, makanya koleksi film Korea gue nyampe lebih dari ratusan judul, sering Chatting di room Korea lewat YM, ngendon di warnet tempat temen buat belajar hangul doang yang ampuuun DJ! Butuh 2 tahun buat bisa ngerti baca huruf hangul, kemudian tahun berikutnya belajar nyambungin huruf, lalu tahun berikutnya bisa baca huruf per huruf, dan sekarang nekat terjemahin artikel buat blog gue ma temen-temen gue di Dangyunhaji Secret.

Untung gue kerja di warnet gantiin temen gue, masuk lah gue ke DF (forum Detik), ketemu sama Bang Dicky yang punya trit Tentang Korea…bak ketemu acara makan gratis, gue ikutan tu trit, sekarang sih terbengkalai soalnya males update setelah empunya trit balik ke tanah air, dari bang Dicky gue tahu seluk beluk Korea. Karena desakkan kita-kita yang pengen belajar bahasanya dibukalah thread Bahasa Korea. Hehehe…and the rest are history! Gue bisa baca sekarang, cuman kalo nulis hangul sama begonya ma grammar Inggris gue yang jongkok abis!

Untungnya sekarang di DF ada yang jago n ngerti bahasa Korea…tengkiu sis Panda🙂 You are a life saver.

Kalo dipikir, gue emang seneng sama bahasa, tapi gak mau repot sama tulisannya. Makanya Inggris dan Korea itu gue anggep mudah dalam penulisan ataupun pelafalan dibandingkan sama bahasa Jepang dan Mandarin yang pengen juga gue kuasai. Tapi untungnya teman gue ada yang les bahasa Jepang dan ade gue kuliah di jurusan bahasa Mandarin sekarang. Jadi gak masalah kan? Wkwkwk…Belajar gratisan ma mereka berdua.

Sampe sekarang gue masih pengen belajar bahasa Inggris, karena untuk belajar Korea, Inggris itu perlu, soalnya kalau masuk  situs  Sogang belajarnya pake bahasa Inggris. Bisa mati berdiri gue kalau Inggris gue cuman so so…

Nah, itulah sekilas kisah gue susahnya belajar bahasa Inggris n bahasa lainnya.

Salam tempel,

Maeve…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s