[update! link]Sejarah Korea 102 ‘Ratu Seondeok’ 선덕여왕.


photo87964

Thesis : Queen Seondeok

Jiah…sok pake thesis segala. Tapi mo begimana lagi? Lah, gw nyariin bahan tentang sejarah Ratu Seondeok ampe ke plosok dunia maya di inet. Hehehe…

Thesis absurd ini gw dedikasiin buat mama gw yang mulai tergila-gila sama cerita konspirasi ini, dan terlebih lagi karena seumur hidupnya dibesarkan lewat cerita-cerita kolosal karya Kho Ping Hoo. Alesan gue posting karena gw seneng banget sama sejarah-sejarah kolosal gini…terlebih lagi dari Korea.

Berikut ini data-data yang gw kumpulin tentang Ratu Seondeok dan juga orang-orang yang ada disekitarnya saat itu, baik kawan ataupun lawan dari my almighy google.

queenseondeok

Sejarah Ratu yang memegang tampuk kekuasaan kerajaan Shilla. Ratu Seondeok.


Sejarah mengatakan bahwa pada masa awal kehidupan puteri Deokman, beliau sudah mempunyai cara berfikir yang cerdas luar biasa. Satu kali Raja menerima sekotak biji tumbuhan peony berikut lukisan yang menggambarkan seperti apakah bunga peony itu. Berdasarkan lukisan tersebut, Deokman mengatakan mekipun bunga itu indah sangat disayangkan karena tidak berbau. “Jika harum, maka pasti akan ada kupu-kupu dan lebah yang mengerubunginya dalam lukisan itu.” Pengamatannya itu ternyata benar, dan itu pula memperlihatkan bagaimana kecerdasannya terbentuk hingga bisa menguasai Silla selama 16 tahun.

Catatan sejarah Hwarang dari dinasti Shilla mencatat bahwa penguasa ke-27, Ratu Seon Deok, mempunyai empat orang suami. Catatan ini masih diperdebatkan oleh para ahli sejarah untuk keotentikan ceritanya, tetapi menurut catatan itu dikatakan bahwa Ratu Seondeok menikah terlebih dahulu ketika masih menjadi seorang puteri. Kemudian Raja Jinpyeong membuatnya menikah lagi karena tidak menghasilkan putera mahkota dari perkawinan sebelumnya. Suami keduanya, Yong Soo sudah dinikahkan dengan Chon Myeong dan dia juga adalah kakak tertua dari suami pertamanya. Seondeok kemudian menikah untuk ketiga dan keempat kalinya, namun hasilnya tetap sama, gagal mempunyai putera mahkota untuk ahli waris kerajaan. Pada akhirnya, perkawinan bagi Seon Deok sudah berfungsi sebagai alat untuk mestabilkan kedaulatan.

Puteri kedua Chonmyeong yang menikah dengan Kim Young Chun anak dari penguasa ke-25 dinasti Shilla, Raja Jinji [memerintah dari 576-579]. Lalu anak lelakinya bernama Kim Chun Chu menjadi Raja penguasa Shilla, Taejong Muyeol[Lahir tahun 602-661, memerintah tahun 654-661] karena sudah haknya menempati tahta. Teman karibnya sejak kecil adalah Kim Yu Shin, yang nanti pada akhirnya menjadi kakak ipar Chonmyeong.

photo93118

Kim Chun Chu, anak puteri Chonmyeong.

Ternyata adik perempuan ketiga dua wanita tersebut tidak kalah menarik dari kehidupan kakak-kakaknya. Cerita ini juga sudah dibuat dramanya dengan nama ‘Balada Kisah Seo Dong Yo’ yang romantis sekali. Puteri Seon Hwa menikah dengan calon Raja kerajaan Baek-je [Kisah 3 kerajaan Korea; Shilla, Baek-je, Goguryo] Raja Mu, Seon Hwa ibu dari Raja Uija yang menjadi raja terakhir Baek-je yang kerajaannya jatuh ke tangan Shilla. Meskipun cerita aslinya simpang siur, yang membuat tercengang adalah ketika eskavansi situs Biara Mireuk di Iksan, yang ditemukan di sana bahwa Ratu yang menikah dengan Raja Mu dari Baek-je bukanlah Seon Hwa melainkan Seon Tak.

Pada saat itu ibukota kerajaan Shilla adalah Gyeongju. Ratu Seondeok juga membangun biara terkenal Bunhwangsa di Gyeongju. Dia juga membangun observatorium yang berhubungan dengan bintang-bintang yang paling tua di Asia Timur yaitu Observatorium Cheomseongdae.

Ada juga biara Jung Am di Jeongseon, ada juga biara Bomun di pulau Seok Mo di bawah kepulauan Gwanghwa yang paling besar dan paling dekat dekat ke Seoul. Biara Sangwonsa di Gangwon Do juga dikatakan dibangun saat masih memerintah. Deung Myeong Rakgasa di kota Gangneung tetapi sekarang ini hanya ada sisa-sisa reruntuhannya saja.

Hubungan diplomatik Shilla dengan Dinasti Tang, Cina.

Ketika dinasti Tang didirikan, Raja Gaozu, kaisar pertama yang mengenali kemampuan Raja Jinpyeong memberikan gelar penghargaan sebagai sahabat kerajaan dengan pemberian nama Pangeran Lelang. Kesamaan Shilla dan Tang saat itu adalah dua-duanya punya Ratu yang meneruskan garis tahta kerajaan. Tang mempunyai Ratu Wu Ze Tian (pemerintahan dari 690-705) dan untuk Shilla, Ratu Seon Deok (pemerintahan 632-647), meskipun masa pemerintahan mereka berdua tidak dalam kurun waktu yang sama sebagaimana yang dicatat dalam sejarah. Walaupun Tang Taizong; Kaisar kedua dinasti Tang (pemerintahan 626- 649) hidup dalam  era Ratu Seon Deok ini, tapi dia termasuk salah satu Kaisar yang hebat dalam sejarah Cina. Oleh karena itu pada tahun 643, Ratu Seondeok meminta bantuan kepada Cina karena negara bagiannya diserang hebat oleh pasukan Baekje dan sekutunya Geoguryo [sesuai dalam drama, kehidupannya sebagai Ratu bukan dalam masa-masa tenang, tapi masa-masa pergolakan perang antar kerajaan]. Kaisar Taizong mengirimkan pejabatnya Xiangli Xuanjiang kepada Goguryeo dan Baekje untuk menghentikan serangannya terhadap Shilla. Ketika Xiangli tiba di Goguryeo ibu kota Pyongyang, Yeon Gaesomun, yang menyerang Silla pada waktu itu, kembali ke Pyongyang untuk menjumpai Xiangli, tetapi menolak untuk mengikuti titah Kaisar Taizong. Hasil itu dilaporkan ke Chang’an pada Kaisar Taizong sendiri yang menyulut kemurkaannya dan memutuskan untuk menyerang Goguryo. Jenderal Li Shiji mendukung rencana untuk menyerang Goguryeo, dan Kaisar Taizong  bersiap untuk penyerangan seperti itu. Silla & Tang bersekutu membuat angkatan perang untuk mereka melawan Goguryeo. Tahun 644, resmi perang besar pertama antara Tang-Goguryeo. Penyerangan ini dipimpin oleh Kaisar sendiri. Perang ini akan menjadi langkah besar menuju negara  konfederasi Silla nantinya. Goguryeo akhirnya jatuh ke tangan  dinasti Tang tidak sampai  pada tahun 668 selama pemerintahan anak dari Kaisar Tang Taizhong, Tang Gaozong.

Ada beberapa era pada masa pemerintahan Silla:

Daechang (568 – 572), selama pemerintahan Raja Jinheung;

Hongje (572 – 584), selama pemerintahan Raja Jinheung, Raja Jinji dan Raja Jinpyeong.

Geonbok (584 – 634), selama pemerintahan Raja Jinpyeong dan Ratu Seon Deok dan,

Inpyeong (634 – 648) selama pemerintahan Ratu Seon Deok dan Ratu Jin Deok

Kim Yu Shin (595-673) adalah cicit Raja Guhae dari Geumgwan Gaya, penguasa terakhir negara bagian Geumgwan Gaya. Latar belakangnya membuatnya mendapatkan posisi sangat tinggi dalam silsilah ‘tulang’ pangkat yang bisa menguasai dunia politik dan militer. Dia juga anak laki-laki dari Jenderal Kim Seo Yeon dan puteri Manmyeong, anak perempuan Raja Jinheung. Kim Yu Shin diketahui semua orang sebagai pemersatu semenanjung Korea. Dia menjadi jenderal yang paling luar biasa di sepanjang sejarah Korea. Dia pun mempunyai 10 orang anak dan hidup sampai umur 78 tahun. Ketika dia meninggal, dia diberi gelar kehormatan sebagai Raja Heungmu karena usahanya dalam pemersatu bangsa dan mempunyai kuburan sama sangat bagusnya dengan Raja.

Mishil menurut testamen Hwarang [Hwarang segi]

fullsizephoto87982

Kisah Mishil tidak bisa dijauhkan dengan pasukan Hwarang. Hwa Rang Segi – Chronicles of Hwa Rang yang ditulis ulang oleh Bak Chung Hwa, yang ditemukan di Busan adalah Hwarang Segi yang ditulis oleh Kim Dae Moon sejarawan Shilla pada abad ke 7. Kisah dalam buku itu masih diperdebatkan apakah asli atau telah terjadi penambahan kisah, tapi basis dari drama ‘Queen Seondeok’ adalah kisah yang diambil dari buku tersebut.

Naskah berisi 15 bab Hwa Rang dengan Perkenalan; Wihwarang; Mijinbu; Morang; Ihwarang; Sadaham; Sejong; Seol Won Rang; Moon Noh (Munno); Biborang Mi Saeng; Hajong; Bori; Yong Chu (Kim Yong Chu); Horim & Kim Yu Shin. Mi Shil disebut di bab ini. Beberapa nama tersebut ada dalam drama.

Dalam catatan Kim Jinheung, dia sudah membuat sekelompok pasukan elit yang terdiri dari pasukan pria dan wanita. Karena pasukan wanita yang di sebut ‘Won Hwa’ [Bunga Sejati]meraup rasa iri dan juga cemooh dari orang lain karena kecantikan dan juga bisa menempati posisi-posisi nomer satu dalam kegiatan militer dan politik, Raja Jinheung membubarkan Won Hwa dan tetap mengaktifkan pasukan pria dengan nama ‘Hwarang’ yang dipimpin oleh Pungwolju.

Hwarang adalah pasukan pilihan yang punya wajah menarik dan juga kelakuannya yang baik sehingga bisa membuat sebuah badan penasehat yang disebut Pungwoldo [Jalan Hwarang]. Saat itu ada permasalahan antara Pungwolju dan Guk Seon [penasehat spriritual kerajaan]. Raja Jinheung akan memerintahkan pasukan muda ini jika negara ini membutuhkan mereka untuk berperang atau melakukan kegiatan penyamaran ke daerah Baekje atau Goguryo. Mereka akan berdandan dengan kosmetik yang aktraktif.

Dalam drama juga disebutkan beberapa kelompok Hwarang, kelompok yang sama dengan dibuku tersebut. Ada kelompok Mi Shil (kelompok yang mengorientasikan ritual), kelompok Munno (kelompok yang mengorientasikan militer), kelompok Gaya yang terdiri dari orang-orang yang telah menaklukan kerajaan konfederasi Gaya, Kim Yu Shin, kelompok daewon, Tonghap, I, dan kelompok Jinggol [kelompok yang memajukan upacara dan hak istimewa orang berstatus tulang bangsawan asli]. Tetapi, penulis naskah Hwarang Segi meremehkan pengikut Munno’s sebagai orang udik yang tidak bisa disebandingkan dengan ‘tulang bangsawan asli’ seperti Seol Won Rang. Seol Won Rang beserta pengikutnya mempercayakan kelompok mereka pada Mishil, wanita bangsawan yang sangat kuat kekuasaannya saat itu di istana.

Dalam manuskrip Hwarang Segi, kisah Mishil yang dikisahkan lewat puisi dan lagu-lagu menceritakan bahwa dia jatuh cinta pada Pungwolju Sadaham kelima, yang kebetulan menjabat sebagai pimpinan Hwarang. Pungwolju pun jatuh cinta pada Mishil. Ini adalah bagian yang paling menarik, ketika Sejong dianggap sudah memasuki usia pernikahan, dia melihat Mishil yang begitu cantik dan juga menawan, kemudian jatuh cinta padanya. Ibunda Sejong, Ibusuri Ji So yang punya kekuasaan kuat memerintahkan Mishil untuk menikahi puteranya yang tergila-gila dengan kecantikannya. Ibusuri Ji So tidak suka dengan Mishil yang ternyata diketahui adalah keponakan dari Ratu Sado, gundik Raja Jinheung. Ibusuri Ji So menjalankan siasat busuk untuk mengusir Mishil dari istana.

Tapi karena Sejong begitu cinta mati pada Mishil hingga sakit dan lain hal sebagainya, karena tidak mau Sejong mati, Mishil dipanggil lagi masuk ke istana. Pada saat perpisahaannya itu dengan Sejong, Mishil balik lagi ke kekasih lamanya Pulwongju Sadaham, namun ketika itu Shilla sedang berperang dengan konfederasi Gaya. Pulwongju Sadaham lalu pergi ke medan perang dengan diiringi salam perpisahan Mishil. Mungkin gara-gara hal tersebutlah dirinya menjadi jahat dan penuh dendam seperti jelmaan setan. Dia harus berpisah lagi dengan kekasih pertamanya dan kembali pada Sejong, sakit hatinya berubah menjadi dendam, dulu dia tidak berdaya, namun sekarang dia bersumpah tidak akan menjadi Mishil yang dulu.

Mishil tahu kalau ingin hidupnya tidak diatur-atur oleh pihak kerajaan, dia harus punya kekuasaan. Ketika Sadaham pulang dari perang dengan harapan bisa berkumpul lagi dengan Mishil, ternyata kekasihnya itu sudah tidak ada. Merasa ditinggalkan, akhirnya Pulwongju Sadaham meninggal karena luka-luka yang diperolehnya saat perang dan tentu karena cintanya. Mishil ketika mendengar hal itu terkejut dan mendinginkan hatinya. Oleh karena itu dia berubah menjadi wanita yang penuh daya rayu, merayu laki-laki dengan kecantikannya untuk mengumpulkan kekuatan didalam istana. Raja Jinheung juga menyukai Mishil dan kemudian menjadikannya seorang ‘Seju’ – penjaga stempel kerajaan dan juga menguasai kelompok Hwarang.

Untuk itu Sejong menjadi kebalikan status ‘gundik’ di sisi Mishil yang menjual tubuhnya untuk kekuasaan demi menempatkan suaminya meraih posisi Raja. Kekasih Mishil banyak, dan salah satunya Sol Won Rang.

Untuk selanjutnya, silakan nonton aja dramanya…..pusing juga gw sama konflik istana beginian dan biarkanlah ahli sejarah yang nanganin kepusingan gw lebih lanjut. Hehehe…

Dan yang pasti gw nungguin Kim Nam Gil [Bidam] keluar….: P

photo93119

He’s cute right???!

[Update!]Karena banyak yang minta sejarah Ratu Seondeok di perpanjang,gw lagi baca ringkasan2 dari Samguk Yusa dan juga Hwarang Segi. Kalo ada waktu gw update lagi beserta ringkasannya, cuman untuk sekarang gw provide linknya dulu aja ya supaya bisa baca bareng-bareng.

Link yang berhubungan sama Seondeok, Shilla, dan Hwarang

[link] Hwarang Do: Reasearch

[link] Ratu Seondeok: wikipedia

[link] Shilla of Korea: wikipedia

Buat yang gak sengaja / sengaja datang ke blog gw karena Ratu Seondeok, kalo ada pertanyaan ato skedar komen…Silakan, cuman gw bakalan ambil long break. Jadi gak tau kapan bisa jawab pertanyaan ato approve komen klian ^^ adios!

History class is over, Mei signing off!!

About these ads

110 thoughts on “[update! link]Sejarah Korea 102 ‘Ratu Seondeok’ 선덕여왕.

  1. tq bgt bwt infonya, wa liat drama ini lgsg tertarik… Sayang lom ampe tuntas neh seri.. jd masih penasaran… << ampe tergila2 am Pemeran Seon Doek ( Lee Yo Won) cakep bgt klo pake baju Putri… thx

  2. hehehe,gw jga pusing bca ni skrip(kyaaa emang iya ya,ni skrip???)eh btw aniwe baswe,4 suami deokman tuh siapa aj sih???yu shin masuk ga??

    • sori nih, spt yg gw bilang di komen atas, gw jg lg nyari buku hwarang segi-nya…spy lbh tau lbh jelas. soalnya drama ini diambilnya dari buku tersebut yg belom absah kepastian ceritanya sama ahli sejarah korea. jd gak tau sapa keempat suami seondeok.

  3. tq dah nambah pengetahuan ne..
    walo sdikit..
    wakakakka
    gw ja yg ahli sjarah mase bingung mw nyari bahan.. udah lo duluin..
    wakakka
    >.<

    • hehehe…sebenernya masih pgn gw terusin ttg seondeok ini, cm udah ampir 1 bulan di inet gak nemu kopian hwarang seginya yg vrs inggris. meskipun ada, bhsnya boo, korea smua. bhs korea gw kan masih pas-pasan.

  4. gw nonton dvdnya ampe subuh,,… 40 episode slesai 2 hari… jerit2 tuh dvd playernya… hehheehe seru banget… hiks penasaran jadi nikah gak ma Yu shin??

    • coba cari di inet soal hwarang segi manuscript, gw sendiri kebingungan nyari bahan lainnya klo mo terusin ttg kisah Ratu Seondeok ini.

  5. waaaaaaaa
    thx buat infony
    aq dh puyeng nyari info ny tpi ssah bgt nemuny
    tpi pnasarn dy jdi nikah gg’ y ama yu sin??
    pdhal mreka sling cnta
    msa jln crita cntany sma kya misil
    bnyak suami tpi g’ bsa bstu dgn org yg d cntai

    • klo untuk gw pribadi sih, jgn jadiin drama sebagai patokan sejarah ya :) soalnya banyak tokoh yg fiktif juga.

      setelah baca banyak akun-akun sejarah yg sumpah bikin puyyeeng…saking puyengnya sk lp di bookmark buat diteliti lg keabsahannya. Tokoh sperti mishil dan bidam hanyalah rekaan aja spy konfliknya lebih klop. krn baca dialah satu media inet, tokoh bidam muncul seprti tokoh dlam komik.

  6. keren….ulasan yg sangat menarik. intrik dalam kerajaan selalu bikin saya terkagum-kagum. kapan ya indonesia bikin drama kolosal yg keren ky buatan korea ini. sejarah kerajaan di indonesia juga ga kalah bagus..
    bravo supremeteam..lanjutin yahh ^^

    • sama2 bro…seperti yg saya tulis dipengantar sejarah hwarang 104. berharap ada orang yg mau mengangkat kisah sejarah kerajaan kita. dalam hal ini, dlm masa tampuk kekuasaan seondeok dan hwarangnya mampu mempersatukan wilayah semenanjung korea dalam panji Shilla. Kita pun punya Gajahmada yang mempersatukan seluruh wilayah kesatuan indonesia dgn sumpah palapa-nya.

      meskipun saya awam soal sejarah bangsa, coba kalau dikemas seperti itu, yakin anak-anak kenal dan mulai bisa mencintai kisah epik jaman dahulu. dan menjaga situs-situs bersejarah lebih baik lagi.

  7. wah,, gw nyari2. cerita asli nya,, dan habs bc ini plg gak ad gambaran lah..
    sebenarnya gw mw cr ttg bidam!! ad yg mw jawab atau py link nya.!!? itu emg beneran atw cm fiksi???
    heheh
    thank u yaaa…

      • Ada catatan sejarah tentang bidam. Lord Bidam of Silla, wikipedia. Oya, beneran gak sih tu deokman yang emang dari kecilnya kayak di film?

  8. yups ur right,,,
    bidaam so cute,,,,(I know he wasnt single anymore)

    Andai sajaa sjarah indonesia dikemas kek gni,,…
    ad bnyak plajaran sjarah hebat yg harus qt liat prosesnya…

  9. Yup…gw jg ngerasa klo BIDAM itu Q_ut…
    tapi gw agak kecewa ama akhir dari drama Soen Doek! knp ga nikah aja ama c BIDAM????
    Btw tambahin lagi donk sejarahnya ama Kisah c BIDAM…
    Kyanya gw udah mulai tergila2 ma c BIDAM

  10. waaah seru bgt ya !
    tlg lanjutin secepatnya ya ! Soalnya gue penasaran bgt sma ratu seondeok !
    dy nikahnya sma siapa aja sih?
    trs jgn lupa yaa ksh informasi juga ttg ratu jindeok oke ;)

  11. uda nntn tamat.. hihihi
    keren bgt pilemmnya…
    GREATT!!!
    tapi mase penasaran.. bidam itu beneran fiktif?? soalnya yg bikin cerita mangharukan tu dia c.
    makanya jadi penasaran banget. tu bidan asli pa palsu..

    • fiktif, gw lp baca di situs infotainmen apa, di situ PD-nya bilang karakter bidam cm fiktif. terinspirasi sama tokoh anime…

    • catetannya masih kurang memadai, klo mo baca samguk saginya gw musti beli bukunya dan cm baru ada 2 bahasa. German, Korea, Rusia. masih blepotan klo versi om google jd gak bisa mastiin bgmn kehidupan seorang seondeok. tp klo yg di drama udah difabrikasi critanya.

  12. saya ngerasa bidam itu sosok yang mengerikan…gak rela kalau ratu seon duk nikah ma dia…masih banyak kok yang bisa manggil namanya ratu dengan dukman…aq mau manggilnya dukman

  13. wawawa.. ternyata tokoh bidam di drama cuma fiktif ya?? padahal aku suka banget sma tuh tokoh, kesannya hebat banget !!!

    thx infonya yah

    • Ratu Seondeok meinggal tanpa punya keturunan buat lanjutin tahta. Jadi secara langsung tahta itu jatuh dan diterusin sama keponakannya yang bernama Jindeok, kemudian Jindeoklah yang menjadi Ratu Silla yang berkuasa tahun 647-654.

  14. he eh…ya keren bgt…oh ya buknnya emng udh nikah ya pemeran seon deok nya…
    mw lagi dunk infonya…penasaran ma sejaraj korea jadinya nh…
    bener2 wawasan yg bgus..
    smoga aja negara qt jg buat filmseri begini ya…jadi lebih gmpg belajar sejarah bangsa..hehe

  15. apa???
    jadi bi dam ntu cm fiktif??? huhuhuhu…jadio sedih…tapi kyknya emng musti gitu ya…pdahal bner2 suka ma karakter Bi Dam di film nh

  16. tmpilin dongg foto’a yg jd para hwarang ..
    plisss bgt ..
    pen tau siapa sih yg jd penggantinya yu shin stlh dia jd komandan ??

  17. pusing klo dah urusan ma sejarah yg kyk gini, crita nya ga ada yg murni bener2 murni fakta, kebanyakan dah ditambahin bumbu smua, mo nyari yg murni jg dah susah abis da

    • menurut apa yg gw baca, mungkin karena perpindahan kekuasaan jadi sedikit banyak dirubah2 isinya. Mungkin setelah Silla jatuh ke Goguryo…

  18. br X ni ktm drama yg bwt q brkesn bgt, q pingin tau desaigner busana yg dpake syut seon deok, kira2 inspirasi mrka dpt bhn dr mn t?

  19. sorry ya nanyak lagi, Ratu jindoek itu anaknya siapa sih ??? trz di film itu namanya siapa ?? maksudku muncul gak ????? n satu lagi prestasinya ratu seondeok itu apa aja ?

    • Jindeok ini anak dari Raja Gukbangalmun dan Putri Wolmyeong. Raja Gukbangalmun itu adik termuda dari Raja Jinpyeong. Uniknya dia itu Ratu terakhir dari golongan Seonggol, sama kayak Seondeok. Di dramanya Jindeok gak muncul bro…cuman Deokman sama Cheonmyeong. Kim Chun Chu meskipun kedua orang tuanya Seonggol, krn kakeknya Raja Jinji itu digulingkan dari tahtanya otomatis rankingnya turun jadi Jingeol.
      Prestasinya Seondeok, dia ngebangun pusat observasi perbintangan Cheongseomdae yang mengatur sistem kalender untuk membantu kehidupan masyarakat dalam bercocok tanam. Menyekolahkan pelajar2 ke Cina, dan juga menjaga keutuhan kerajaan di saat2 sulit. Spt yg gw sebut di atas, dia jadi Ratu pas masa pergolakan peperangan antara Shilla dan Baekje.
      –>nyambung gak sih? Hahaha…

      Bone Rank System bisa di liat di sini infonya : http://en.wikipedia.org/wiki/Bone_rank_system

  20. eh q tanya dunk ? mi shil tu fiktif atau gak ??? kalau zaman waktu sejarah ni beneran ada mi shil tu siapa ? n sifatnya gimana ? pokoknya tentang mi shil deh atau lebih lengkapnya sejarah tentann mi shil !! n Yang fiktif di drama itu siapa aja ????

    • menurut bbrp catetan bilang dia ada, dibbrp catetan lain ttg Shilla gak ada…jd gw gak bisa ksh penjelasan baru.

      Yg gw tulis di blog ttg Mishil itu kyknya fiktif, soalnya ada yg bilang Raja Jinheung sendiri yg nyiptain tokoh Mishil lol.

      Tp gak tau juga brooo….T T gw bukan orang Korea :)

  21. ternyata ratu itu nikah 4 kali? kok kagak sesuai sama cerita yg di TV ya?
    kim yushin jd salah satu suaminya kagak ya? dalam filmnya kok dia mati muda sih

    • menurut yang gw baca sih begitu, sebelum dia jd ratu dah nikah dulu, cm krn gak bisa punya anak, nikah lg, nikah lg dan nikah lg. Kim Yushin salah satu suami Seondeok. Klo soal mati muda, wah gak tau ya…disejarah sih cuman di bilang nurunin tahta. jd gak tau di nurunin tahta ke Jindeok krn sakit dan meninggal atau gimana…

  22. agak sulit memahami jalan ceritanya.. nonton dramanya juga kayanya perlu beberapa kali di tonton.
    yang jelas kagum deh sama ratu seondeok … apalagi sama mi shil.kalau di dramanya seh paling suka tokoh mi shil. bikin geregetan . kayanya yang bikin drama ini menarik karena ada tokoh mi shil. kalau dia gak ada kayanya kurang seru lagi deh..

    • Iya…Mishil itu bagaikan udara yg diperluin Deokman buat jd kuat. Ke superiorannya bikin kita yg nonton jg terintimidasi. Sumpah serem klo liat misil lg lirik-lirikan :(

  23. iihh cool abies…..pilm’ya….apalagi law dh crita’ya bi dam ma deokman…..wah sru bngat….sukses slalu…wat pilm korea yg di tayangin di indosiar…..

  24. thx bgt y info sejarahna….
    gw ud ntn critanya mpe abis..
    mpe nangis2 gw pas bidam nya mati..T.T
    suka banget gw ma bidam..hehehe

  25. gw suka bgt…
    oiya tlong post ttg ratu jin deok dong!!! apa ada hubungan darah antara ratu jin deok n seon deok???
    truz gimana cara pengangkatannya???
    apakah jin deok masi kturunan raja???

    • jindeok cm nemu sedikit…spt yg gw jawab di komen buat yg nanya siapa sih jindeok itu?nanti kali ya…gw jd in PR dulu :) , oke Ai?
      makasih kunjungannya…

  26. wah, aq penasaran ma sangdaedeung Bi Dam, tp Bi Dam ini hanya sekali disebut dalam sejarah yaitu sebagai sangdaedeung (perdana mentri kali) yang melakukan pemberontakan pd thn 647….aq malah penasaran berat dgn si Bi Dam…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kalo dapat info ttg Bi Dam di posting juga yagh….

  27. bidam ada di catatan samguksagi.
    tapi cuma ngomongin tentang pemberontakannya aja kalo gak salah ….
    menurut message yg kubaca dari salah satu grup ku di facebook.

    Nama Bi Dam ternyata cuma tercatat dalam Samguksagi sbb : Th 645 menghadiri pertemuan Hwabaek, sebagai Pemimpin

    Jabatannya adalah Sangdaedeung (posisi tertinggi dalam pemerintahan) selama akhir masa pemerintahan Ratu Seon Deok.
    Tidak jelas siapa orangtuanya tetapi Bi Dam keturunan Bangsawan dan menurut drama, Bi Dam Lahir pada tahun 584 M, tahun pertama Geon Bok, tanggal 7 bulan 7 kalender bulan (Chil Seok), jam 23.00 – 01.00

    Motto pemberontakannya : “Women’s rulers can not rule the country” atau Penguasa Wanita tidak dapat memerintah negara (女主不能善理)

    Legenda berkata selama pemberontakannya, sebuah bintang ‘jatuh’. Bi dam menggunakan itu untuk memotivasi pasukannya dengan berkata ini adalah tanda akhir pemerintahan Ratu. Di lain pihak, Kim Yu shin setelah berdiskusi dengan Ratu, mereka memutuskan menggunakan layang-layang berapi sebagai tanda ‘bintang sudah kembali ke tempat semula’

    Jumong menyatakan bahwa setelah 10 hari setelah pemberontakan Bi Dam, dia dan 30 anak buahnya dieksekusi (Ratu Seon Deok meninggal tanggal 8 Januari, Bi Dam dieksekusi pada 17 Januari) setelah Ratu Jindeok bertahta. Beda dengan dramanya.

    Lokasi Perang Bi Dam sekarang:

    Benteng Wolsong (Myeonghwalsanseong), tahun 2000 dinyatakan sebagai World Heritage oleh UNESCO
    (untuk melihat gambarnya ada di koleksi foto grup the great queen seon deok)

  28. mmmh. makasi bgd iah, jadi tambah pengetahuan tentan Ratu silla. tapi kalo boleh minta jelasin juga tentang pengganti sendok ntar sama Chun Cu iahhh?

  29. wah…… thanks bgt ya infonya…. jd penasaran bgt setelah selesai ntn filmny…. :D

    ternyata bidam itu fiktif…. q sampe kepikiran klo bener2 sejarahnya kyk gt k kasian bgt ya si bidam n ratu seondeok di filmnya kan dicritakan mereka saling mencintai….. hua…. smp nangis ntn akhir filmnya… knp y k dibuat sad ending????

    ditunggu cerita selanjutnya ya… penasaran bgt cari2 diinet k ini info yg plg lengkap…..

  30. biarpun ribet tapi aku tetap ngefans abizzzz…..sama Deokman,yushin,bidam,alcheon,imjong,daenambo,n’bakui…..cakep-cakep bo……

  31. Wach,crta.a Ratu SeonDeok bgz jg…..
    Tp q smpt bigug,crta.a sprti gmn ce….
    Q pgen tw bgt,d Film,Ratu SeonDeok lom nkah,tp kq ne q bc d intrnt udc nkah 4 x….
    Q pgen tw sjrh.a Ratu SeonDeok…..???
    Gmn ea.,.,Kq q pnsran….

  32. Hmm , kak sebelumnya aku minta izin yaa buat ngambil bebrpa info dari blog kakak ttg SeonDeok buat di posting-an di blog aku … Bolehh ? (soalnya masih kusimpen belom ku-post )Oohh iyaa, sebenernya Chuncu jadi raja nggak sihh ntarnya, soalnya aku kirain yang bakal ganttiin SeonDeok itu ChunCu tapi ternyata RAtu JinDeok … (?)

    • ada yg bilang itu fiktif, ada yg bilang pula nyata cm rada anonim ceritanya. gw sih stick ma yg dibilang ma penulisnya…hehehe

  33. bonjour, salam kenal…

    karena sedang suka sama saeguk, jadi cari-cari info sejarah korea.
    aku senang bisa baca blog ini…
    eh ya, aku nggak mudeng sama penjelasanmu di paragraf “Ternyata adik perempuan ketiga dua wanita tersebut…”
    aku g mudeng :(
    itu bercerita tentang apa? apakah deokman dan cheonmeyong punya saudara perempuan ketiga?
    maaf tolong di jelaskan…

    • iya, mereka masih punya satu orang adik perempuan yang nantinya jadi istri Raja Mu dari Baekje. klo suka sageuk, liat aja drama ttg putri silla Seonhwa [anak Raja Jinpyeong] di drama Ballad of Seodong.

      singkatnya, Raja Mu ketika masih muda jatuh cinta sama Seonhwa. Baekje sama Silla kan musuhan tuh. Nah, Mu ini bikin lagu ttg Seonhwa dan kecintaan Mu thd Seonhwa yg nyata2 anak Raja Jinpyeong. Akhirnya Seonhwa di usir sama Raja Jinpyeong dan dinikahin sama Raja Mu dari Baekje (Seodong itu nama Raja Mu sebelum jadi Raja).

      Salam kenal juga Anabelle

      ~ Mei ~ ^ ^

  34. berarti dalam silsilah kerajaan Silla raja Jinpyeong memiliki 3 orang putri ya, apakah karena diusir dari Silla sehingga namanya tidak tercantum di silsilah?(di wikipedia g tercantum)

    kalau lihat di silsilah di wikipedia, mishil sebenarnya lebih tua dari pada raja Jinpyeong (tua banget…) tapi kenapa ketika nonton dramanya digambarkan sebaya dengan raja ya? dan itu juga berarti Bidam jauh lebih tua dari Deokman… (maksudnya apa coba?he…he…)
    nggak ding… aku cuma jadi berpikir bagaimanapun sejarah itu lebih realistis daripada drama, seperti kata Charlotte ke Elizabeth Bennet di film Pride and Prejudice “we can not always to be romantic”

    kalau di Semarang susah cari Saeguk… mau beli VCD, bokek :P maklum kantong mahasiswa (mending buat beli buku…), ada juga sih teman yang dapat bajakkan, tapi kadang ada yang kepotong, udah gitu translate-nya parah banget.

    oya, drama saeguk ada bukunya g y? kalaupun ada, di Indonesia udah terbit judul apa aja? kalau ada info tentang saeguk atau drama sejarah benua manapun, tolong kasih info ya?

    merci beaucoup pour votre attention et votre repond… :)

    • gak disebutkan dan juga masih dipertanyakan krn:

      1). masih kurang/hilang catatan sejarah, maklum seiring pergantian kekuasaan [Baekje,Goguryo, Silla]catatan resmi tersebut berceceran diberbagai provinsi dan bahkan seperti contoh transkrip detik2 terakhir kematian Ratu Min malah diketemukan di Jepang. Makanya akibat kurang bukti otentik, kisah2 seperti Jumong, Seondeok, dan Seo Dong kyk kena distorsi.

      2). Para ahli sejarah yang masih memperdebatkan apakah benar Seonhwa itu ada dan menikah dengan Raja Mu dari Baekje dan hasil pernikahan mereka adalah lahirnya penerus Baekje yaitu Raja Uija, Raja terakhir dinasti Baekje. Meskipun banyak bukti yang mengarah kalau memang benar Seonhwa menikah sama Raja Mu, tapi kenapa di eskavansi biara Mireuksan yang ditemukan disana bukanlah Seonhwa yg menikah dgn Mu, tetapi seorang wanita bernama Seon Tak? — Apa mungkin Seonhwa mengganti namanya krn urusan politik dengan Silla? — its still a mystery. Puahahaha…

      Soal Mishil…yup, dia seangkatan sama Raja Jinheung usianya. produktif amat ya beranak pinak sampe masih punya anak seganteng Bidam…wkwkw — mulai deh gw fangirl-nya.

      Kalo soal dvd sageuk,,,uhm…ya klo bajakan itu resikonya. Gw jg bokek, tapi beruntung kerja jd OP warnet, jadi bisa stream — ngiriiiiiit banget. DVD juga koleksi ^ ^…

      Sejauh ini, klo sageuk bukunya cm terbit di luar…gw gak nemu terbit disini. Sewaktu nyari Samguk sagi sm Samguk yusa yg didalam buku itu memuat catatan sejarah berdirinya 3 kerajaan besar korea , cm ada di Rusia sama Jerman dan tentunya pk bhs sono.

      sama-sama :)…당신을 만나서 기쁩니다.

    • bukannya gak mau buat…tapi emang riwayat si Bidam ini masih simpang siur antara nyata atau fiksi. Klo nyata sih, udah diikut sertain update-nya disini, pasti itu!:)

  35. mau nanya….pas ratu seon deok mangkat siapa yang menjadi raja silla selanjutnya???katanya chun chu dinasti silla ke 29…yg ke 28 nya siapa????

  36. klo gak salah di balesan komen gw ada deh ngejelasin siapa yg nerusin tahta sehabis Seondeok?

    klo klewat ya dah gw jlsin lg…sendeok nerusin tahta ke keponakan perempuannya Jindeok [penguasa sillaq ke 28] lalu chuncu [29] yg dikenal sebagai Muyeol :)

  37. wah..bagus banget tesisnya *ikut2an blg tesis*

    mau nanya donk, kim chuncu jg katax nikah ama adikx yushin ya…
    km tau ga siapa nama adiknya yushin yg nikah ama chuncu…??
    trs i2 istrinya chuncu yg keberapa…??

    srry nih, banyak klo aq banyak tanya

  38. suka banget ma drama ini ^_^
    nanya ya…mi shil kan punya suami namanya Sejong. Nah Sejong itu posisinya apa sih di kerajaan Silla? Ibunda Sejong kan Ibusuri Ji So, berarti Sejong raja Silla juga? Raja ke berapa ya? hihihiihi sorry banyak nanya nih
    Makasih sebelumnya

  39. Trus tokoh bidam itu beneran ada ngga di sejarah silla? Kisah cinta bidam & deokman apakah ada, atau hanya penambahan saja.

  40. Salam kenal…
    Langsung saja, saya sangat tertarik dengan kisah kerajaan silla…yg membuat saya lebih tertarik adlh sejarah lady mishil yg menguasai pemerintahan d silla. Menurut saya dari sisi buruk yg banyak orang bicarakan, saya melihat berbeda karena bagi saya dia adlh sosok wanita cerdas yg mampu membuat dirinya bertahan dan menguasai pemerintahan pada masa itu. Apapun dia lakukan demi posisinya yg terbaik. Walaupun dia wanita yg keras,pantang menyerah,licik,ambisius dll, tetapi bagi saya itu wajar dan harus. Terkadang hidup harus begitu tetapi harus tau kpn kita harus berhenti d saat sudah benar2 d puncak. Ngemeng2, ada info ngk sejarah mishil dari mana aja? Klo perlu bisa bantu ngk link apa yg bisa saya buka untuk silsilah lady mishil?
    Mohon bantuannya…….thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s