Sauna khas Korea [jjimjilbang]


Yang keren dari jimjilbang itu, bukan cuma mrk buka 24 jam, tapi dlm satu tempat banyak kemudahan. Maksudnya, tempat mandi uap ada, mo makan ada restoran, mo main game, ada pc bang (warnet), mo ngerasain winter di panasnya summer, ada ruang khusus winter, klo gak salah dilangit-langitnya pake serutan es yg muter ky mo bikin es serut. trus, mo nonton, ada tv wide screen, tempat karoke jg ada. Bisa nginep lagi…wuihhh…enak kali ya?

masuk ke jjimjilbang suka di suruh ganti kaos yang seragam sama gelang karet. Warna kaos juga suka dibedain, buat cowok biru, buat cewek pink, mungkin ditempat lain warna kaos bisa beda-beda.

Dan Gw akhirnya tau gimana cara nilep anduk kyk gambar diatas…

Cara:

1. Siapin aduk ukuran sedang,

2. lipat handuk jadi setengah-setengah dengan posisi memanjang.

3. Lipat ke dua ujungnya kyk kita mo melipat ujung celana panjang yang kedodoran. Pastikan celah-nya cukup untuk kepala kita. The end.

Lantai jjimjilbang pake lantai ondol (saluran pipa uap), skrg sih udah pake alat modern. Klo di rumah-rumah jaman dulu, biasanya di dapur ada saluran khusus pembakaran, jd panasnya kayu bakar/arang bisa masuk ke lantai rumah spy anget pas musim dingin.

contoh rumah ondol

tuh kan, ada buat bakar kayunya.

4 thoughts on “Sauna khas Korea [jjimjilbang]

  1. thanks buat infona…
    gw dah lama nyari info ttg tpt saunanya orang korea n gmn cara ngelipet tu anduk.
    moga suatu saat gw bisa bersauna ria disana…🙂

  2. wkwkwk…jd backpacker gitu ceritanya? boleh juga…tapi klo hotel mahal, kan bisa nginep di rumah2 tradisional semacem hanok village, klo di seoul ya di namsangeol..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s