Setting IP Address Pada Jaringan LAN[repost]


cred. Adhy Mantovani

Kenapa gw butuh banget gimana CARA memperbaikin IP Conflict??? Soalnya gw eneg banget kalo kompie gw ‘gila’nya kambuh. IP Conflict penyebab satu-satunya gw gak napsuuuuuuu banget kerja, bisa2 gw dijauhin sama temen gw yang sering gw repotin perbaiki jaringan. Dimassssss…maafin gw yak, nak, yaaa!! Gw cerewet karena gw bego dan gaptek!!

Karena saking mumetnya nyari2 di google, nemu yang simple. Mesipun gw gak tau bakalan berhasil ato kagak…mudah2an sih berhasil. Soalnya gw gak mao mati muda!!

suatu jaringan LAN pasti mempunyai alamat IP dan setiap host mempunyai alamat ip yang berbeda,apabila di dalam jaringan LAN terdapat alamat IP yang sama akan terjadi IP conflict. IP conflict yaitu terdapat ip yang sama yang dapat menyababkan  tidak conectnya suatu komputer ke jaringan internet. Untuk mencegah hal itu sebaiknya di automatic ja pada settingan IP,karena apabila di setting secara automatic maka komputer akan mencari alamat IP sendiri yang belum digunakan oleh komputer yang lainnya. Untuk lebih jelasnya liat gambar di bawah ini :

1. buka My Network Place pada dekstop,lalu akan muncul gambar  seperti di bawah ini :

2. kemudian klik kanan pilih properties,dan akn muncul gambar di bawah ini :

3. klik double pada Internet Protokol (TCP/IP),kemudian muncul gambar di bawah ini :

4. dari gambar di atas ada 2 pilihan,yaitu :

  1. secara otomatis artinya IP address di stting secara otomatis oleh server,sehingga tidak terjadi IP conflict,karena server mencari alamat IP yang belum di pakai. Apabila anda pilih otomatis klik Obtain an IPaddress automatically dan Obtain DNS server address automatically.
  • secara manual artinya anda akan menyetting IP secara manual tetapi harus dengan prosedur yang ada,apabila terjadi kesalahan kecil pada angka maka komputer tidak akan conect. Apabila ada memilih manual klik Use the following IP address dan Use the following DNS server address.
  • Alesan kenapa gw quote artikel tesrebut karena otak gw sering amnesia. Klo terulang kasus yang sama, gw bisa buka blog lagi….

    Update: Gw pake yang cara otomatis…Puji Tuhan, berhasil…ya meskipun blom tau gimana besok? Mudah2an sih gak ada IP CONFLICT2 KAN LAGI!!!

    makasih banget buat yg punya blog, bro Adhy.


    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s