Siapa Bilang Bikin Tteokkbeokki Itu Susah?


Ngilerkan?hehehe…

Kalian juga kalo mau bikin sendiri bisa kok, kadang bagi yang tinggal di daerah yang gak nemu toko yang jual panganan dari Korea rada susah juga beli tteok[kue beras] nya sendiri. Asalnya, gue kalo kepingin banget bikin karena katro gue asal-asalan aja pake tepung terigu. Hasilnya enak sih, cuman ya gak kenyal.

Dua minggu yang lalu, mama bikin kue mangkok. Bahan dasarnya kan dari tepung beras. Sengaja gw bilang ke mama kalau tepung berasnya jangan yang instan beli di toko, tapi yang berasnya di giling sendiri. Dan gw berencana bikin tteok-nya aja dulu.

bahan & cara bikin tteok versi gw:

1. Ambil 1 liter atau 1/2 liter beras [tergantung mo bikin banyak atau sedikit, ukurannya bisa disesuaikan], bersihkan hingga bersih.  Setelah bersih giling jadi tepung ke tukang giling beras di pasar. Usahakan masih basah langsung kukus.

cara kukusnya:

Dandang masak nasi, kasih air buat ngukus kurang lebih 10 gelas.prosesnya kayak angetin nasi aja.Jangan lupa lapisin dulu pake kain buat masak nasi supaya tepungnya gak berhamburan. ciprat2in air supaya rada basah tepungnya. Kukus hingga matang.

2.Kalo udah mateng, panas2 langsung kasih minyak sayur 1 sendok teh supaya gak lengket pas proses ngulenin, ulen terus kayak mo bikin roti. Kalo udah bagus dan kalis baru proses pemotongan.

3. Ambil adonan di meja makan ato talenan, gulung2 dimeja hingga lonjong [gedenya seukuran jari telunjuk]dan panjang. Terus potong2 dah!

Buat sausnya, karena susah juga nyari bubuk cabe ato pasta cabe khas korea, gw gunain sambal ABC [karena udah mengandung bawang n bumbu lainnya].

4. Siapin wajan, kasih air dikit aja kira2 1 gelas ukuran sedang[bisa air saja atau air kaldu], panaskan. Masukin 2 sendok makan sambel ABC, larutkan di wajan tadi hingga mendidih. Masukan tteok tadi, tambahkan sedikit gula karena rasa tteokbeokki memang pedas manis. Masak hingga tteok tadi keliatan mengembang dan air sedikit kental. Boleh ditambah pake telor rebus ato mie. Gw sih biasanya klo makan mie instant, tteok sisanya gw cemplungin aja sekalian biar kenyang, hehe. Karena aslinya pake pork, bisa kok klo mo ditambahin daging sapi, goreng2 aja dulu ntar baru masukin.

Tteokbeokki & Instant noodles, gw bikin ini beberapa bulan lalu. Saking pengen tahu kalo tteok ma mi instant itu gimana rasanya? Hihihi…enak booo!!

5. Matang. Sajikan di piring.

Ini tteokbeokki yang gw bikin. Sori gambarnya jelek..hehe!

Note: Abis dikukus, terus diulen sampe kayak gambar di atas.

Note: gulung & potong

Jadi deh tteoknya. Cuma musti diinget…klo sisa terus simpen di freezer jangan kelamaan. Gw pikir bisa sampe seminggu, taunya pas hari keempat gw mo bikin tteokbeokki lagi, tteoknya dah basi.

Enak dan kenyal…yah, seperti yang gw bilang pas mo bikin Heotteok dulu. Tergantung amalan gagal ato nggaknya~puahahaha…yang gw bikin kemaren kebanyakkan kuahnya. Jangan tanya kenapa hasilnya gak semerah di foto yang beredar di inet, gw gak mau abis makan ini bolak-balik WC gara2 sakit perut.

즐겨주세요!

4 thoughts on “Siapa Bilang Bikin Tteokkbeokki Itu Susah?

  1. anyong oennie ^^
    waw.. pgen nyoba nii jdiny…
    tpi yg gw liat di “lovefrs in paris” mirip bget ma foto diatas..
    pgen nyoba yg aslii…
    kak,, lu kul di korea y??
    waw…
    pgen bget ksana….
    gamsya yo..

  2. Hi Mei, aku coba bikin di rumah. Memang ga dari beras dulu sih, aku pake tepung beras jadi. Hasilnya masih kurang memuaskan deh. Warnanya juga ga putih bersih gitu, rada kusam dan gerenjelan. Tipsnya apa ya kalo bikin dr tepung beras? Oiya, pas mengukus, tepungnya itu dicipratin aja ya? sampe semua basahkah? Atau boleh disiram secara merata?

    • Gw blom pernah nyoba dari tepung beras instant sih, jd gak tau hasil kukusannya kyk gimana. Yg gw lakuin pas bikin tteokya itu kyk gini prosesnya.

      1. siapin dandang untuk ngukus,
      2. tepung berasnya ditaor di kain untuk nanak nasi, ciprat2 airnya sampe kelihatan rata dan basah supaya si tepung gak keras, jadi pas udah masak, proses ulennya bisa bagus.
      3. klo udah masak angkat dan masukan ke baskom, panas2 langsung di ulen kyk mo bikin roti, nah pada proses ini kasih sedikit minyak sayur.

      Ika, yg gw juga gerenjelan awalnya, tapi krn terus diulen jd gak gerenjelan lagi sis🙂

      nah klo udh halus teksturnya baru gulung2 trus potong2 deh kyk diatas…

      dan tambahan, kata temen gw yg orang sono…lebih enak klo soup base-nya pake ikan teri.

      di poin no 4 diatas gw tulis ‘masukan kira2 1 gelas air’ nah ganti 1 gelas air sama sari pati ikan teri [ikan terinya yg rada gedean kira2 7buah, buang dulu yg item2 sama kepalanya spy gak pait, trus direbus, air rebusan[patinya] yg dipake, ikannya gak]

      bru masukin saosnya ke pati tadi di wajan ksh gula dikit, masukin juga potongan2an tteok tadi, klo mo dikasih sayuran kyk bawang daun sama wortel, potongnya agak gedean. trus aduk aja sampe keliatan kentel n warnanya jd terang.

      met nyoba lagi….

      Minggu ini sih gw rencananya mo nyoba bikin Jjajang Myun…hehehe

      Klo berhasil w taro lg deh di blog infonya🙂

Leave a Reply

