Dong Yi


Gak diragukan lagi setelah demam Queen Seondeok, sekarang ada demam baru bagi pecinta serial kolosal dari negeri Ginseng tersebut yaitu Dong Yi ‘Water Maid’. Karena gue sendiri masih kepotong-potong nontonnya karena via TV swasta~sooooo rada gak ngerti jalan ceritanya gimana. Wkwkwkw…..I’mma gonna buy my fav. K-drama series kayak Best Love, Lie To Me dan nunggu satu lagi Romance Town beredar di lapak kesayangan gue. Dan tentunya Dong Yi~ ~ Jin Ji Hee looks cute as King Sukjong of Joseon.

Dan tentunya…sebagai mana kalian ketahui[readers] kalo gue udah masang foto beginian, pastinya bakalan nulis tentang sejarahnya. Well, gak banyak orang tahu tentang kiprah dayang Dong Yi di istana sebelum dia jadi Selir Raja Sukjong. Terpilihnya Dong Yi oleh Raja Sukjeong karena pada suatu malam, Dong Yi sedang berdoa di depan tempat kamar Ratu Inhyeon untuk kesembuhannya. Saat itu Raja Sukjong baru saja kembali dari perjalanannya melihat-lihat istana, setelah melihat dan mendengar, lalu tergugah karena kebaikannya, maka Dong Yi dijadikannya seorang selir. Dalam drama memang difokuskan tentang kiprah Dong Yi dari kecil hingga jadi Selir Raja di Joseon Era, sama seperti halnya Dae Jang-Geum –peranan Dong Yi  cukup besar sebagai Selir Joseon yang dikenal orang, seperti Seondeok dengan dibangunannya Cheomseongdae. Dong Yi melahirkan seseorang yang nantinya menjadi Raja Jeoseon, yaitu Raja Yeongjo[Pangeran Yeoning]–yang melahirkan insiden kelam ketika memerintah, ia dengan tidak sengaja menyebabkan putera mahkota[anaknya sendiri] meninggal dunia. Putera mahkota itu bernama Sado–yang dibilang punya penyakit kejiwaan[suka membunuh orang secara random dilingkungan istana, dan penyimpangan seksual ]. Karena malu, Yeongjo menyuruhnya masuk ke dalam sebuah kotak tanpa makan dan minum untuk menghukumnya, tapi hukumanya itu menyebabkan Sado meninggal pada hari kedelapan. Dan buat temen yang nanya soal YI SAN atau Raja Jeongjo kemaren2 di blog gue, nah– Bapaknya Yi-san tuh Putera mahkota Sado. Secara kebetulan gw nemu excerpt buat yang penasaran tentang Crown Prince Sado baca aja memoir yang ditulis sama istri nya yang bernama Lady Hyegyeong.


Phewww *lap keringet* baca excerpt-nya aja sedikit banyak gw jadi tau apa yang terjadi saat itu dari narasi yang ditulis oleh Lady Hyegyeong. Btw…berarti kali ini gw nulis satu post tapi isinya 3 ya? Tentang Dong Yi, Yi San[yang kematiannya juga menyimpan misteri], dan Sado. Tapi kisah Crown Prince Sado mulai menggelitik otak gue buat investigasi…tapi sialnya gue bukan seorang sejarawan *jedot-jedot kepala* –pertanyaan gw, Crown Prince Sado: Sakit  Jiwa atau Konspirasi politik di lingkungan istana? Menurut Lady Hyegyeong, meskipun dia tahu kalau ada campur tangan  politik dalam insiden tersebut, tapi pangkal dari masalah itu adalah konflik pribadi antara ayah dan anak.

Okay~~that’s it for today!! Keep smilling people ^__________^ Have a nice day!!

One thought on “Dong Yi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s