Bingung…

Kenapa gue bingung?

Karena hari gini gk keren katanya klo cuman nge-blog. Sekarang jamannya V-log,bahkan Bapak Presiden RI kita aja punya V-log…gue kalah sama kekiniannya Pak De Jokowi….jadi,V-log ato seenak hati gw aja?Kalau pengen V-log ya v-log…klo blog ya blog biasa. Hahaha…

Hadeuuhhh…sudah lah…yang nyaman saja ya…emang gw ini artis apa??lah cuman manusia biasa…hihihi

Signing off…ada salam untuk kalian gaess.. dari bakso kuburan mantan sama bakso gk ikut program KB alias bakso beranak. Lagi IN gt ya???Byeee…adios amigo!!!

Advertisements

Laksaaa…nyamnyamnyam..haha

Gue emang langganan makanan jadul…mulai dari laksa ampe Geco. Sekarang ini yang anti mainstream emang udah jarang kalo di makanan. Soalnya kebanyakan didominasi sama yang kebarat-baratan. Mungkin kita masih bisa temuin laksa ini di negara lain kayak Malaysia,Singapur,Vietnam,Thailand dan mungkin Kamboja. Cuman karena gue orang Sukabumi,cuman laksa jadul yang bisa mengisi kekosongan hati gue…

SO,kalau ada yang liat gerobak ini di jalan. Beli ya laksanya…enak koq,gk nyesel. 8000 rupiah, porsinya bisa berdua. Kereeeeeennn…

Well,signing off lagi ya.

Cuma mengingatkan…bantu temen saya ya untuk vote karya dia di lomba desain OMBUDSMAN RI. Add IG nya di b3ar_007.Cukup di add dan like dua buah logo nya.


Dan ini…

Mksh untuk yang udah berpartisipasi…Hatur Nuhun.

Mei.

contoh framework penggabungan konsonan sama vokal yang ntar di kirim ke IGnya kayak gtu. Diisi ya, biar lancar nulis n baca..열심해요 친구들…dipriksanya paling jam sginian.

View on Path

Summary Bahasa Korea.
Bab #1

Untuk yang bertanya, gimana sih cara gampang supaya cepet bisa baca dan tulis hangul? Jawabannya, kalian harus tau huruf-hurufnya terlebih dahulu. Kita aja belajar baca dan tulis bahasa Indonesia, harus hapal alfabetnya juga kan?

Abjad Korea keseluruhan punya 21 huruf vokal. Diantaranya 11 vokal tunggal dan 10 vokal rangkap.

Vokal tunggal :
아 a 애 ae
어 eo 에 e
오 o 외 oe
우 u 위 wi
으 eu 의 ui
이 i

rangkap :
야 ya 예 ye
여 yeo 와 wa
요 yo 워 wo
유 yu 왜 wae
얘 yae 웨 we

*Vokal rangkap ada tambahan goresan dan penggabungan dua huruf vokal tunggal.

Konsonan ada 19 huruf
ㅂ b,p ㅊ ch
ㅍ p ㅉ jj
ㅃ pp ㅁ m
ㄷ d,t ㅇ ng
ㅌ tt ㄴ n
ㄱ g,k ㄹ r, l
ㅋ kh ㅎ h
ㄲ kk ㅅ s
ㅈ c,j ㅆ ss

Bahasa Korea menggunakan suku kata. Minimal satu suku kata harus punya satu konsonan dan satu vokal dalam penulisannya. Meski hanya satu suku kata yang pengucapannya terdiri huruf vokal saja. ‘ㅏa’, tetap dalam penulisannya pakai huruf ‘ㅇ’ yang berfungsi sebagai pendamping tak berarti dari huruf vokal. Dan konsonan selalu diletakan di depan huruf vokal. Contoh, 요 yo🙆 bukan ㅛ 🙅.
Sampai sini, ada yang gk ngerti??
coba latihan yaa..ntar post di instagramnya masing2, follow @welcometomeyworld di folbek.

View on Path

Well, I’m back. Udah lama gak isi blog ini, terlalu banyak yang terjadi, dan terlalu banyak yang berlalu. Pertamakali buka blog dan berusaha buat nulis lagi, brasa kayak mulai dari nol lagi. Udah hampir setaun lebih, sekaran kangen. Mungkin karena usia udah kepala 3,,isi blog paling yang relate sama masak memasak, bahasa korea, dramkor, variety show yang sedang ditonton, dan hidup. Gak kayak waktu masih awal 20-an dimana gw fangirly banget sama boyband ato aktor cakep korea. Setelah BEAST, I lost count..

Pas liat komen-komen reader yang setia baca blog gw, pada banyak yang tanya soal bahasa korea. Tanya tentang software, dan ada yang manggil gw oppa, oppa??Jadi malu, gw cewek. Meski tomboy, tetep cewek tulen. Ada juga yang minta tips supaya bisa cepet bisa baca dan tulis. Hmmm…untuk software, sekarang banyak software untuk nulis hangul di kompi ato hape. Karena gw pake hape, yang didonlot dari playstore korean emoji keyboard. Untuk yang tanya bisa belajar lewat email, gw jarang buka email. Klo yang pnya Path ya bs di add Path gw. Klo lewat bbm boleh, pin gw 555ce32b. Cuman ntar sebutin nama, dan alesannya. Sorry, demi kenyamanan aja.

Mungkin untuk saat ini, segitu dulu. Mo bikin catetan buat posting bahasa korea.

다음에 또 봐요…😄

View on Path

Foodpanic “Single,simple & kepepet “.

For a mean while, kayaknya postingan blog lewat path isinya bakalan menu2 simple ala single fighter kyk gw. Being single it doesn’t mean gak punya pacar. Hehe…
Hari ini, menu masak nya adalah nasi liwet ikan teri, yang gw pake beras merah kali ini. Karena tante gw ngasih 1 liter beras merah. Dari pada tu beras nemplok terus ditembok dan malah jadi rusak. Mending dimasak 😊..
bahan-bahan:
1 liter beras merah
4 siung bawang merah
5 lembar daun salam
3 batang sereh
1 cup kacang tanah
Garam, penyedap rasa sesuai selera.
Cara buatnya:
1. cuci beras merah sampai bersih, masukan ke dalam rice cooker. Diemin aja dulu, soalnya kan masih harus siapin bahan lainnya.
2. Kupas bawang merah, lalu iris, ikan teri bebas mo pake ikan teri apa aja yang ditemuin dipasar, asal jangan copet kelas teri. Susah masaknya..wkwkwk. Cuci bersih ikan terinya supaya gak terlalu asin.
3. Kacang tanahnya juga di cuci ya. Nah, karena gw gk terlalu suka sama bau bawang mentah sm ikan teri mentah. Makanya sebelum semua bahan di capcus masuk kedalam rice cooker, gw goreng dulu bawang merah barengan sm ikan teri tapi setengah mateng. Setelah ngerasa wangi, masukin ke rice cooker.
Untuk kacang tanah, disangrai sebentar baru masukin ke rice cooker.
4. Kemudian baru masukin daun salam sama sereh nya. Plus tambah sedikit minyak sayur. Setelah masuk smua bahan, kasih air untuk memasak nasi liwetnya. Takaran air untuk 1 liter beras, gw pake 6 angkanya.
Jangan lupa garam dan penyedap sesuai selera.
Selesai deh, Nasi liwet ikan teri. Paling enak pake sambel terus ada lalapannya, sih. Cm namanya juga menu ” Single, simple & kepepet “, yah bahannya yang ada aja di dapur. Well, enjoy.
EpicuriousG

View on Path

Gak terasa mama udah mau 100 hari. 3 bulan lebih rawat mama yang berkali-kali jatuh di rumah, terus kena serangan stroke. Lalu, akibat jatuh mama kena syarafnya yang mengakibatkan gejala dimensia atau pikun. Kemudian, keluar masuk rumah sakit. Untuk berjuang melawan penyakitnya. Saat itu, mungkin gw egois ya. Karena meskipun tau mama pada akhirnya pasti..Pasti ninggalin gw untuk bersatu dengan Bapa di sorga, tanpa merasakan sakit, atau penderitaan yang mama alami di dunia. Gw tetep pada pendirian kalo mama bakalan bisa sehat lagi. Dokter kurang berusaha, gw kurang berdoa, keluarga kurang suportif…saat itu semua gw anggap sebagai ketidak berdayaan untuk mama. Tapi, ketika semua udah jelas didepan mata kalo mama kondisinya memburuk. Gw belajar iklas, semua itu udah rancangan Tuhan. Liat tubuh mama membengkak karena udah gk bisa nampung cairan infus, di situ gw bener-bener ngelepas mama. Biasanya di blog, ada sentilan sentilun hubungan cinta dan benci antara gw sama mama…sekarang gk bisa cerita lagi. Kangen mama..kangen cerewetnya..kangen suasana hectic didapur sempit kami. Kangen adu argumentasi soal perjodohan, kangen meluk mama klo nonton film horor ksukaan kita..kangen ketawa bareng pas nonton acara variety ksukaan kita Running Man. Aaah, waktu berjalan begitu cepat ternyata. Meski sudah terbiasa, it feel lonely.
Tapi untungnya gw udah ngomong sesuatu yang gak pernah bisa dikatakan ketika beliau masih ada, kalimat2 itu sering gw bisikin di telinga mama pada saat beliau kritis dan koma selama 2 minggu lebih. Mey sayang mama, cinta mama. Kata Wo ai ni lebih sering gw bisikin ketimbang doa. Dan juga tanaman mama, udah mulai layu dan rontok meski papa udah siram tiap hari. Mereka meski begitu, tetap pasti akan tumbuh, sama kayak cinta mama ke kami. Kata orang, kehilangan sosok ibu, berarti kehilangan deretan doa. Tapi gw gak berfikir demikian. Doa mama jutaan ribu, dan yang terkabul untuk kita baru puluhan. Yang lain masih pending, karena Tuhan tau mukjizat dan doa mana yang mama pinta dari Nya yg dikabulkan untuk gw. Thanks mom, for the bad and good things that happens in my life because of you. Keep rooting for me no matter where you with the Big guy up there. We’ll meet again soon, when I’m old and saggy. No curves all baggy. Love you mom, forever.

View on Path